Al-Chemist Ungu

tentang Pendidikan dan Kimia

(MSDS) KALIUM KLORAT (KCLO3)


MAKALAH MANAJEMEN LABORATORIUM
MATERIAL SAFETY DATA SHEET (MSDS)
KALIUM KLORAT (KCLO3)






Disusun oleh:
1.    SEPTI RIYANNINGSIH (09303241004)
2.    RINI WIDIASTUTI (09303241017)
3.    SARAH PRADINA (09303241018)
4.    AISYIAH RESTUTININGSIH P U (09303241041)




JURUSAN PENDIDIKAN KIMIA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2010



1.        IDENTIFIKASI PRODUK
Sinonim: garam Berthollet, Garam Tarter, asam klor, garam kalium, Potash klorat.
CAS No : 3811-04-9
Berat Molekul : 122,55
Rumus Kimia : KClO3
Kode Produksi : JT Baker: 3024, 3028, Mallinckrodt: 6834
Kode Katalog : SLP2533, SLP1525

2.        KOMPOSISI DAN INFORMASI PADA BAHAN

INFORMASI BAHAN
CAS NO
PERSEN
BAHAYA
Kalium klorat
3811-04-9
90-100%
ada

3.        IDENTIFIKASI BAHAYA
Bahaya! Oksidator kuat.
Kontak dengan bahan lainnya dapat menyebabkan kebakaran. Dapat menyebabkan iritasi saluran pernafasan. Mungkin berbahaya jika tertelan. Dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Dapat menyebabkan iritasi mata dan kulit. Dapat menyebabkan iritasi saluran pencernaan dengan mual, muntah, dan diare. Dapat menyebabkan sianosis dengan kulit kebiruan. Kemungkinan menyebabkan kelainan darah. Target Organ: Darah, ginjal.
Inhalasi:
Menyebabkan iritasi pada saluran pernafasan. Gejala dapat termasuk batuk, sesak napas. Dapat menyebabkan methemoglobinemia, sianosis, kejang, takikardi, dispnea, dan kematian.
Ingesti :
Dapat menyebabkan iritasi gastrointestinal dengan mual, muntah dan diare. Dapat menyebabkan sakit perut, hemolisis, methemoglobinemia, sianosis, anuria, koma, kejang, dan kematian. Methemoglobinemia ditandai dengan pusing, mengantuk, sakit kepala, sesak napas, sianosis dengan kulit kebiruan, detak jantung cepat dan darah berwarna coklat-coklat. Dapat menyebabkan kerusakan hati dan ginjal. Kematian mungkin terjadi dari gagal ginjal, umumnya dalam 4 hari gram Taksiran mematikan. Dosis 15-30.
Kontak dengan kulit:
Kontak dengan kulit menyebabkan iritasi dan mungkin luka bakar , terutama jika kulit basah atau lembab. Termasuk gejala kemerahan, gatal, dan nyeri.
Kontak dengan mata:
Dapat menyebabkan iritasi mata, kemerahan, dan nyeri. Pada mata menyebabkan luka bakar.
Chronic Exposure:
Kontak kulit berkepanjangan atau berulang dapat menyebabkan dermatitis. Dapat menyebabkan kerusakan hati dan ginjal. menelan berulang dalam jumlah kecil dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan dan penurunan berat badan.

4.      TINDAKAN PERTOLONGAN PERTAMA
Inhalasi:
Hilangkan dengan udara segar. Jika tidak bernapas, berikan pernapasan buatan. Jika sulit bernapas, berikan oksigen. Segera mendapatkan perhatian medis.
Ingesti:
Jika muntah segera mendapatkan perhatian dari petugas medis. Jangan pernah memberikan sesuatu melalui mulut kepada orang yang tidak sadar.
Kontak
dengan Kulit:
Segera basuh kulit dengan banyak air selama minimal 15 menit. Lepaskan pakaian dan sepatu yang terkontaminasi sambil menghilangkan kontaminasinya. Cuci pakaian sebelum digunakan kembali. Bersihkan sepatu sebelum digunakan kembali. Atau segera meminta pertolongan medis jika iritasi berkembang.
Kontak dengan Mata:
Segera basuh mata dengan banyak air selama minimal 15 menit, sesekali mengangkat kelopak mata ke atas ke bawah (dikedip-kedipkan). Mendapatkan perhatian medis segera jika berkelanjutan.

5.      MENGHINDARI KECELAKAAN
Tumpahan kecil :
Gunakan alat yang sesuai untuk mengambil tumpahan padat dalam wadah pembuangan yang tertutup.
Tumpahan besar :
Oksidasi material. Korosif padat. Hentikan kebocoran jika tanpa risiko. Jangan sampai air di dalam wadah. Hindari kontak dengan bahan yg mudah terbakar (kayu, kertas, minyak, pakaian, dst). Keep substance damp using water spray. Jauhkan bahan – bahan gas menggunakan semprotan air. Jangan sentuh material tumpah. Gunakan semprotan air untuk mengurangi uap. Mencegah masuk ke selokan, ruang bawah tanah atau wilayah terbatas; tanggul jika diperlukan. Meminta bantuan dengan segera.
Media Pemadam:
Dalam kasus kebakaran, gunakan air, kimia kering, busa kimia, atau busa tahan alkohol. Gunakan cara apapun yang cocok untuk memadamkan kebakaran sekitarnya. Semprotan air dapat digunakan untuk menjaga api kontainer terkena dingin.
Prosedur Khusus Pemadam Kebakaran:
Substansi tidak mudah terbakar, tetapi adalah oksidator kuat, panas reaksinya dapat dikurangi dengan  mengurangi agen atau material yang mudah terbakar. Ketika dipanaskan, ia melepaskan oksigen yang meningkatkan pembakaran.
Bahaya Api dan Ledakan:
Kontak dengan zat yang mudah teroksidasi dapat menyebabkan kebakaran besar. Meledak dengan asam sulfat. Menyebabkan terbakar disertai ledakan jika kontak dengan zat organik, belerang, fosfor, sulfit, hipofosfit dan zat oxidizable lainnya. Wadah yang bersegel dapat pecah saat dipanaskan. Sensitif terhadap pengaruh mekanik.

6.        PENANGANAN DAN PENYIMPANAN
Produk harus digunakan sesuai dengan prinsip-prinsip industri yang baik untuk penanganan dan penyimpanan bahan kimia berbahaya. Cuci bersih peralatan setelah penanganan produk tersebut. Lepaskan pakaian yang terkontaminasi dan cuci sebelum digunakan kembali. Hindari kontak dengan kulit dan mata. Hindari kontak dengan api, panas, percikan. Hindari kontak dengan pakaian dan bahan mudah terbakar lainnya. Hindari jangan sampai tertelan dan dihirup. Gunakan ventilasi yang memadai. Melindungi bahan tersebut dari kerusakan fisik dan menjaga agar tidak lembab. Jauhkan dari sumber panas atau pengapian. Hindari penyimpanan di lantai kayu. Pisahkan dari bahan yang mudah terbakar, bahan organik atau bahan mudah teroksidasi lainnya. Wadah bahan ini mungkin berbahaya ketika kosong karena ada kemungkinan zat ini meninggalkan residu  (debu, padat). Perhatikan semua peringatan dan tindakan pencegahan yang terdaftar dalam produk.
Penyimpanan :
Bahan Korosif harus disimpan dalam lemari penyimpanan keselamatan atau ruangan yang terpisah. Simpan dalam wadah tertutup rapat, di tempat yang sejuk, kering, berventilasi.
7.      PERLINDUNGAN DIRI
Teknik pengontrolan:
Menggunakan ventilasi pembuangan lokal (local exhaust ventilation), atau teknik pengontrolan lain untuk menjaga kadar udara di bawah yang direkomendasikan batas eksposur. Jika operasi pengguna menghasilkan asap atau kabut, gunakan ventilasi, debu untuk menjaga paparan kontaminan udara di bawah batas pemaparan.
Perlindungan Pribadi:
Kacamata splash (goggle), mantel laboratorium. Penguapan dan respirator debu. Pastikan untuk menggunakan respirator bersertifikat / yang disetujui atau setara. Sarung tangan.
Respirator:
Dalam hal ini perlu ventilasi yang cukup, untuk bekerja jangka pendek, perlindungan debu yang sesuai dengan standar yang direkomendasikan.
Sarung tangan:
Gunakan sarung tangan pelindung.
Pelindung mata:
Gunakan pelindung mata jika mungkin kontak dengan mata.
Perlindungan lainnya:
Pakailah alat pelindung diri sesuai dengan jumlah material yang ditangani.
Praktek kerja higienis:
Perlindungan kulit: pakailah krim penghalang untuk tangan dan kulit yang terkena. Secara teratur vakum debu untuk meminimalkan potensi paparan udara.
Perlindungan pribadi pada kasus tumpahan besar:
Kacamata splash (goggle). Penguapan dan respirator debu. Sepatu boot. Sarung tangan. Sebuah alat pernafasan mandiri yang harus digunakan untuk menghindari inhalasi produk. Disarankan tidak cukup hanya menggunakan pakaian pelindung; berkonsultasi dengan spesialis sebelum penanganan produk ini.

8.      SIFAT-SIFAT KIMIA DAN FISIKA
Keadaan fisik atau penampilan: padat berupa kristal atau bubuk (serbuk)
Warna: Putih
Bau / Rasanya: Tanpa bau
Berat Molekul: 122,55 g / mol
Kelarutan: Larut dalam aseton , cairan ammonia, air.
Nilai Kelarutan: 7.19 g/100 ml (20 °C) 57 g/100 ml (100 °C)
Berat jenis cairan: 2,34 g/cm3(Air = 1 g/cm3)
Titik Leleh : 368 °C (694F)
Titik didih: 400 °C (752F)
Struktur Kristal: monoklinik
Kelarutan dalam air 7.19 g/100 ml (20 °C) 57 g/100 mL (100 °C)
% Volatiles pada 21 °C (70F): 0
   

9.      STABILITAS DAN REAKTIVITAS
Stabil di bawah suhu dan tekanan normal.
Bahaya pembusukan produk: Klorin, oksigen, oksida kalium
Hindari kondisi: Bahan yang tidak kompatibel seperti ammonia, bahan mudah terbakar, serbuk logam halus, alkohol, asam kuat, sulfur dan senyawa logam-belerang, gula, dan senyawa logam-fosfor.

10.  INFORMASI TOKSIKOLOGI
Rute masuk: kontak dermal. Kontak dengan mata. Inhalasi.ingesti.
Toksisitas untuk Hewan: toksisitas akut oral (LD50): 1870 mg / kg [Tikus]. Human LD 50: 429 mg/kg.
Kronis efek pada manusia: substansi adalah racun bagi darah, ginjal, paru-paru, sistem saraf, hati, selaput lendir.
Efek beracun lainnya pada Manusia: Sangat berbahaya dalam kasus kontak dengan kulit (korosif, iritan), tertelan, (Permeator)

11.  INFORMASI EKOLOGI
Berbahaya bagi lingkungan. Beracun bagi organisme akuatik, dapat menyebabkan efek samping jangka panjang di lingkungan akuatik.

12.  INFORMASI REGULASI LAINNYA
HMIS (U.S.A.):
Bahaya kesehatan: 3
Bahaya kebakaran: 0
Reaktivitas: 0
Asosiasi Proteksi Kebakaran Nasional (U.S.A.):
Kesehatan : 3
Mudah terbakar: 0
Reaktivitas : 0

13.  INFORMASI TRANSPORTASI
Domestic (Land, DOT)
----------------------- -----------------------
Nama Pengiriman: Potasium klorat
Kelas Bahaya: 5.1
UN / NA: UN1485
Packing Group: II
Informasi yang dilaporkan untuk produk / ukuran: 12kg
Internasional (Air, IMO)
Peraturan DOT dapat berubah dari waktu ke waktu.
Yang termasuk pilihan pengiriman untuk produk :
UPS.jpgair.jpgBoat.jpgFedEx.jpgRail.jpgtruck.jpg





0 komentar:

Posting Komentar