Proses pembelajaran kimia:3 (perencanaan-pelaksanaan-penilaian)
Kompetensi bab1, dapat menjelaskan:
a. objek ilmu kimia n pendidikan kimia
karakteristikàmirip ilmu IPA(objek studi ONTOLOGI, cara memperoleh EPISTEMOLOGI, kegunaan AKSIOLOGI)
ilmu kimia: mpljri gjl khusus pd zat n sgl ssuatu yg tjd pd zat, yaitu komposisi, struktur n sifat, transformasi, dinamika, energetika zat—djabarkan dlm 21 materi pokok;13 SK (mempelajari zat dr skala mikro (atom-molekul)untuk mnjelaskan gejala yg terjadi pada skala makro dlm daily life)
cara memperoleh: induktif(percobaan), deduktif(teori)
ilmu kimia: PROSES(kerja ilmiah,pengembangan kreativitas, komunikasi ilmiah, pemecahan masalah) PRODUK(pngetahuan faktual, konseptual, prosedural, metakognitif)
kompetensi guru: UU guru n Dosen (UU23’2003)&SNP(PP19;2005)
- pedagogik:kmampuan mlaksanakan proses pbl
- Profesional: menguasai materi kimia
- Kepribadian: mjd teladan
- Sosial: hidup bmasyarakat d skol n luar skul
PENDIDIKAN KIMIA>pbljrn kimia: krn tdiri atas komponen pbl kimia, pbimbngn kimia, platihan kimia, cakupan aspek luas(kog,psiko,afek). Interdisiplin kimia-pdidikanàpenerapan teori ilmu pend dlm konteks ilmu kimia u/ tujuan pbljrn
Objek PKIM: kurikulum;peserta didik n perbuatan bljr;guru n mengajar;lingk pkim; phbk
b. hubungan PHBK dg komponen kurikulum kimia
KTSP: prencanan proses pbl yg dbuat guru mapel ttt bdasr SK n KD dr STANDAR ISI(sama u/ seluruh indo)namun u/ mapel,jnjang,jenis, pdk sama,KTSP bisa materi n penyampean beda; bentukoperasional:silabus(RPPP1smesetr)n RPP(RPPP1pertemuan)àdesgn instruksional
Komponen kurikulum KTSP:
- kompetensi pbl kim (SK,KD,Ind)
- materi(materi pokok, uraian, sumber elajar)
- pdekatan, metode, media (student: centered active life skill oriented)
- phbk multi dimens
àhub timbal balik antar komp-phbk proses terakhir(seberapa jauh murid menguasai kompetensi yg dtetapkan)
c. arti pengukuran, penilaian, evaluasi HBK
PENGUKURAN: cara pengumpulan info dlm bidang pend kimia – hasilnya dikuantifikasikan/dnytakan dalam bntuk angka(SKOR) àtehnik: ujian n non ujian
PENILAIAN: cr intrepretasi skor dari pengukuran- mngubah jd NILAI dg prsedur ttt, mgunakannya ut mngambil keputusan dlm bidang p kim
EVALUASI: rangkaian kegiatan memperoleh, analisis, tafsir ttg proses n HBK murid dlakukan scr kesinmbung n sistematis shg jd info bermakna dlm ambil keputusan
LEBIH LUAS DR PENILAIAN, pgunaan hasil penilaian utk mengambil keputusan di bidang pkim (klulusan, penjurusan, perbaikan program, dst)
d. tujuan, fungsi prinsip PHBK
*TUJUAN: u/ tahu sbrapa jauh peserta didik menguasai kompetensi pbl yg diberikan, yaitu SK KD stl proses pbl DAN tahu efektifitas n efisiensi pbl yg drencanakan dlm RPP
*FUNGSI: achievement-selection-placement-remedial n diagnostic-counseling-recovery lessonplan n proses
*PRINSIP: orientasi kompetensi(SK KD); menyeluruh(kog-afek-psiko); objektif(faktorpenilai); kontinu(terus2slm PBL)
e. arti objek, subjek, etika PHBK
OBJEK: sst yg akan dnilai dlm sistm pbl kimia brupa komp masukan(peserta didik-instrumental-lingk-komp proses n HBK)
SUBJEK: org yg mlakukan penilaian(guru kimia)
ETIKA: a. PRENCANAANnilai: guru mberitau bentuk TEHNIK N INSTRUMEN yg diujikan, mnjlaskan cr mjwab(tdk membingungkan atombuat cemas siswa) b. PROSES: wajib mbuat susana ruang tenang c. LAPORAN HASIL:wajib merahasiakn, mengamankan, interpretasikan, ]mgunakan dg benar
f. perbedaab tehnik dan instrumen PHBK
*TEHNIK:CARA mlakukan penilaian hasil belajar
- T. Ujian (objek: kognitif n psikomotor)àUjianTulis,Lisan,Perbuatan//Terbuka-Tertutup
- T. NonUjian(terutama afektifàobservasi-wawancara-angket)
- T. Altrnatif(objek.hasil aspek kognitif-psiko-afektif)
*INSTRUMEN
- SOAL u/ teknik ujian, soal uraian n obyektif
- NONSOAL teknik non ujian: pedoman observasi-daftar chek-skala lajuan-wawancara-angket skala sikap
- Tugas2 u/ penilaian alternatif
g. pembagian teknik n instrumen PHBK
h. syarat instrumen PHBK yg baik
VALIIDITAS: mengukur apa yg seharusnya diukur(logis-teoritis, empiris)
RELIABILITAS: dikenakan pd subyek sama waktu beda hasilnya tdk beda scr significan (valid pasti reliabel- reliabel blm tntu valid)
OBJEKTIVITAS: faktor guru penilai tdk berpengaruh pd hasil pnilaian(konstruksi/susunan kalimat-kebahasaan/kaidah BI-pembiayaan/tgi rndah biaya-kepraktisan/kemudahan)
DAYA PEMBEDA: membedakan siswa pandai n kurang pandai
TARAF KESUKARAN: instrumen hrs dapat dikerjakan sebagian siswa, harus ada taraf sukar rendah-sedang-tinggi (sedang plg besar proporsinya)
KEPRAKTISAN: secra administratif mudah dilakukan
4 komentar:
wah.. guru kimia ya mbak?.. salam kenal :-)
wah bu guru kimia....
bikin rangkumannya wow...
:P
kunjungan perdana di blog ini.
salam kenal ya. :)
@qorry: iya nih
@zone: apa sih kamu sahiiid
@inspirasi:; salam kenal juga
maaf baru sempet ngeblog lagi.. wkwkkwk
Posting Komentar