Al-Chemist Ungu

because chemistry is true and this just for you

Material Organik Alamiah Terlarut Memainkan Peranan Penting dalam Siklus Merkuri di Lingkungan Akuatik


Alam memiliki suatu hubungan reaksi yang sulit dijelaskan dengan merkuri atau raksa. Tetapi para peneliti dari Department of Energy’s Oak Ridge National Laboratory telah berhasil membuat suatu penemuan yang dapat menjelaskan hubungan yang aneh ini.
Ketika para ilmuwan telah mengetahui bahwa beberapa mikroba di lingkungan perairan dapat menghasilkan metilmerkuri, suatu bentuk senyawa organomerkuri yang lebih beracun dibanding merkuri itu sendiri yang terakumulasi dalam tubuh ikan, mereka juga mengetahui bahwa alam dan beberapa spesies bakteri lainnya dapat mengubah metilmerkuri ke dalam bentuk yang kurang toksik. Hal yang kurang mereka pahami sepenuhnya adalah bahwa mekanisme transformasi ini terjadi pada keadaan lingkungan yang anoksik atau kurang oksigen.

OKSIGENASI

Hmm.. hari ini ngga tau kenapa teringat dengan pelajaran-pelajaran dari mata kuliah prodi lain, yakni program studiilmu kesehatan... Kata beberapa anak yang baru aja dapet mata kuliah ini sih, ngga susah, cuma hafalannya banyak. Tapi pas aku baca, aku malah jadi tertarik dan pengin cari informasi yang lebih banyak lagi. dunia kesehatan memang sangat menarik... OKSIGENASI... Apa sih ini? Ada hubungannya dengan 'kimia' nggak ya... Kan ada hubungannya dengan oksigen gitu... Selain itu, dengan nulis ini, maybe  temen2 yang belum tau jadi tau...

OKSIGENASI
1. PENGERTIAN
Oksigen (O2) adalah satu komponen gas dan unsur vital dalam proses metabolisme untuk mempertahankan kelangsungan hidup seluruh sel-sel tubuh. Oksigenasiadalah peristiwa menghirup udara dari luar yang mengandung Oksigen (O2) kedalam tubuh serta menghembuskan Karbondioksida (CO2) sebagai hasil sisa oksidasi.
Penyampaian oksigen ke jaringan tubuh ditentukan oleh sistem respirasi (pernafasan), kardiovaskuler dan hematology.