Al-Chemist Ungu

because chemistry is true and this just for you

PENDAHULUAN

Proses pembelajaran kimia:3 (perencanaan-pelaksanaan-penilaian)
Kompetensi bab1, dapat menjelaskan:

BAB V. OBJEK PENILAIAN HASIL BELAJAR KIMIA ASPEK KOGNITIF

Kompetensi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor telah dibahas di bagian depan buku ini. Di berbagai negara, termasuk di Indonesia pembelajaran kimia mengutamakan kompetensi aspek kognitif, walaupun kedua aspek lain tidak diabaikan. Hubungan antara kompetensi dan objek penilaian hasil belajar kimia merupakan hal yang penting bagi seorang guru. Seorang guru harus memahami kompetensi pembelajaran kimia apa yang harus dikembangkan pada diri peserta didik dan teknik serta instrumen penilaian hasil belajar kimia apa yang harus disusun untuk menilai hasil belajar  peserta didik dalam menguasai kompetensi pembelajaran kimia yang telah ditetapkan.

BAB IV. TEKNIK DAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR KIMIA

 ( BAGIAN II )

            Dalam Bab III sudah dibahas teknik penilaian hasil belajar kimia bentuk ujian dan  instrumen penilaian hasil belajar kimia bentuk soal. Dalam Bab IV akan dibahas teknik penilaian hasil belajar kimia bentuk non-ujian dan bentuk alternatif, serta instrumen penilaian hasil belajar kimia bentuk non-soal dan tugas-tugas.

BAB III. TEKNIK DAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR KIMIA

 (BAGIAN I)
            Teknik penilaian hasil belajar kimia ada tiga bentuk, yaitu teknik ujian, teknik non-ujian, dan teknik alternatif. 

BAB II. TUJUAN PEMBELAJARAN KIMIA DALAM BENTUK KOMPETENSI

Prosedur penilaian hasil belajar kimia, (1) merencanakan instrumen; (2) mengonstruksi instrumen; (3) menyusun perangkat instrumen; (4) melaksanakan pengukuran, (5) mengolah hasil pengukuran yang berupa skor menjadi nilai; (6) menganalisis hasil penilaian; dan (7) menyusun laporan hasil penilaian.   

PENDAHULUAN PHBK

          Proses pembelajaran kimia terdiri atas tiga tahap secara berurutan, yaitu  perencanaan proses pembelajaran, pelaksanakan proses pembelajaran, dan  penilaian hasil pembelajaran atau penilaian hasil belajar.