Al-Chemist Ungu

because chemistry is true and this just for you

Kisah Pengaduk Besi dan Garam

Seorang pemulung berjalan-jalan ditengah tumpukan sampah di tengah-tengah sampah tersebut ia menemukan sebuah pengaduk besi yang sudah tua dan berkarat. Sang pemulung kemudian memungut pengaduk besi tersebut dan kemudian meletakkannya di dalam tasnya. Kemudian ia pun berjalan lagi dan didekat tempat ia menemukan pengaduk besi tadi, ia menemukan sebongkah garam dapur yang sudah sangat kotor. Garam tersebut kemudian ia pungut dan ia masukkan ke dalam tasnya juga.

Di dalam tas si pemulung tersebut, Garam dan pengaduk besi menjadi akrab. Mereka saling mengenal dan mengasihi satu sama lain, saling berbagi rasa, dan saling sharing tentang perjalanan mereka selama ini. Sesampainya di rumah, si pemulung mengamplas pengaduk besi yang ia temukan tadi sehingga mengkilap kemudian melumurinya dengan minyak dan meletakkannya di tempat perkakasnya.

Fakta Unik Seputar Kimia dan Fisika

1. Percaya tidak kalau jaring laba-laba diyakini lebih kuat daripada baja? Itulah yang terjadi, malah militer Amerika Serikat pernah berencana membuat jaket anti peluru yang dibuat dari pintalan jaring laba-laba. Jadi scene dalam film Spider-Man 2 yang menggambarkan Spider-Man berusaha menghentikan laju kereta api dengan cara mengaitkan jaring laba-labanya sesungguhnya bukan sesuatu yang mustahil.
2. Tahukah Anda bahwa massa jenis es lebih ringan 89% dari massa jenis air dingin? Akibatnya 11% dari bongkahan es berada di atas permukaan air dan sisanya tenggelam di bawah permukaan air. Kenyataan tersebut membuat gunung es yang mengapung di laut sangat membahayakan, khususnya untuk kapal-kapal yang sedang berlayar. Hal ini telah terbukti pada kecelakaan bersejarah yang terjadi pada kapal penumpang Titanic pada tahun 1912. Kapal yang “tidak bisa tenggelam” itu tenggelam di laut Atlantik Utara setelah menabrak sebuah gunung es.

Lilin Bisa Jadi Sumber Polusi Udara

Jakarta, Lilin memiliki manfaat yang beragam seperti pengganti cahaya saat mati lampu, bisa memberikan aroma terapi bahkan untuk menciptakan suasana romatis saat makan malam atau candle light dinner dengan pasangan. Tapi tahukah Anda bahwa lilin yang dibuat dari bahan parafin bisa menjadi sumber polusi udara.

Menyalakan lilin yang terbuat dari bahan parafin paling sering digunakan dalam ruangan tertutup yang memunculkan kesan romantis, kehangatan dan wangi, ternyata bisa menjadi sumber polusi udara di dalam ruangan yang belum banyak diketahui orang. Peneliti melaporkan bahwa polusi udara yang dihasilkan salah satunya dikenal sebagai karsinogenesis.