Al-Chemist Ungu

tentang Pendidikan dan Kimia

Lilin Bisa Jadi Sumber Polusi Udara

Jakarta, Lilin memiliki manfaat yang beragam seperti pengganti cahaya saat mati lampu, bisa memberikan aroma terapi bahkan untuk menciptakan suasana romatis saat makan malam atau candle light dinner dengan pasangan. Tapi tahukah Anda bahwa lilin yang dibuat dari bahan parafin bisa menjadi sumber polusi udara.

Menyalakan lilin yang terbuat dari bahan parafin paling sering digunakan dalam ruangan tertutup yang memunculkan kesan romantis, kehangatan dan wangi, ternyata bisa menjadi sumber polusi udara di dalam ruangan yang belum banyak diketahui orang. Peneliti melaporkan bahwa polusi udara yang dihasilkan salah satunya dikenal sebagai karsinogenesis.



Kadar polusi udara di ruang tertutup tersebut bisa dikurangi dengan menggunakan bantuan ventilasi udara yang baik. Hal ini diungkapkan dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam acara 238th National Meeting of the American Chemical Society (ACS).


"Lilin yang terbuat dari bahan lilin lebah atau kedelai ternyata lebih sehat bagi tubuh, meskipun harganya memang lebih mahal dibandingkan lilin dari parafin," ujar R. Massoudi Ph.D dan Amid Hamidi, Ph.D peneliti dalam studi ini, seperti dikutip dari ScienceDaily, Jumat (6/11/2009).


Lebih lanjut kedua peneliti ini menuturkan bahwa kedua jenis lilin ini tetap bisa mempertahankan suasana kehangatan, romantis dan aroma yang lebih menyehatkan bagi tubuh, karena berasal dari bahan yang lebih alami. 


"Sesekali menghirup emisi dari lilin parafin ini mungkin tidak akan mempengaruhi kesehatan. Tapi sering terpapar lilin selama bertahun-tahun ditambah dengan ventilasi yang kurang memadai, justru dapat menimbulkan masalah karena zat tersebut terakumulasi dalam tubuh," tambah Hamidi.


Selain bisa menimbulkan risiko serius, peneliti juga memperkirakan beberapa orang bisa memiliki alergi atau iritasi pernapasan ruang tertutup (indoor) yang mungkin saja diakibatkan bereaksinya polutan dari pembakaran lilin itu.


Jika Anda ingin membuat kejutan romantis dengan menggunakan lilin atau menggunakannya saat mati lampu, sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa ruangn yang akan digunakan memiliki ventilasi udara yang bagus dan akan lebih baik lagi jika tidak menggunakan lilin dari bahan parafin.

0 komentar:

Posting Komentar