Al-Chemist Ungu

because chemistry is true and this just for you

manfaat dan alasan untuk selalu bangun pagi

Mahasiswa, sebuah kata yang nampaknya sangat umum dan lebih suka untuk menjadi  bangsawan (bangsa sing  tangine  awan) alias bangunnya setelah matahari terbit and udah ketinggalan ayam b'kokok. But this different for me, I usually get up at 4 am then start my activities at that time, and of course this draft..
Lets analyze!! Sebenarnya apa yang menyebabkan kebanyakan dari mereka bangun siang. Yupz.. Quiet Right! karena mereka terbiasa bekerja di waktu malam, terutama programmer, ngerjain tugas, atau nglembur gak jelas alias begadang. Sebenarnya gak ada masalah apabila anda enjoy melakukannya. Di tulisan ini, saya hanya akan menyerukan opini pribadi tentang manfaat bangun pagi (that so amazed to our physical condition and also productivity). Lalu anda dapat membandingkan nantinya dengan kebiasaan anda selama ini..

early riser

Kadang di suatu kompetisi dan juga perlombaan, 'the winner'  bukan selalu mereka yang melakukan suatu hal 'tercepat', tapi terkadang yang memulai lebih awal'lah yang mendapat suatu kemenangan. Bangun lebih awal berarti memberi anda kesempatan untuk bergerak lebih dulu. Artinya anda dapat menggunakan kesempatan tersebut untuk menjadi lebih produktif atau lebih enerjik dibandingkan orang lain. Bagi saya bangun pagi itu :
Kesempatan untuk merencanakan hari saya. Di tengah kesunyian pagi yang dingin di Jogjakarta, saya merencanakan apa saja target saya pada hari itu. Banyak mahasiswa yang bangun tidur langsung mandi dan pergi ke kampus. Aktivitas mereka bagai rutinitas yang otomatis. Dengan bangun awal saya punya kesempatan untuk merefleksikan hidup maupun menyusun rencana jangka pendek. Cukup sepuluh menit saja setelah bangun tidur, saya duduk bermeditasi dan mengungkapkan pikiran positif untuk menyambut pagi : "Saya beruntung pagi ini saya bangun dalam keadaan sehat. Saya takkan menyia-nyiakan anugerah ini. Hari ini saya pasti lebih produktif daripada kemarin dan saya akan belajar banyak hal…"
Bangun pagi berarti peluang untuk mempersiapkan hidup yang lebih sehat. Setelah sholat subuh saya biasa minum satu gelas (500 ml) air putih, warm-up dan stretching, kemudian berangkat lari pagi. Olahraga memberi saya banyak energi sebelum memulai aktivitas. Tidak bagus jika anda masuk kuliah dengan wajah lesu dan kuyu karena baru bangun tidur. Sebagai catatan, dengan berkeringat setelah olahraga bukan membuat tubuh anda lemah atau lesu, tapi akan membuat tubuh anda menjadi segar dan bugar serta akan lebih fit dalam melakukan aktivitas (it means u get ur day). Saya yakin tidak banyak mahasiswa yang sempat olahraga pagi. Keuntungan lain olahraga pagi dibanding olahraga sore adalah : olahraga pagi jarang batal karena merupakan aktivitas pertama kita. Sedangkan olahraga sore kerap harus batal karena seringkali ada kegiatan mendadak yang tidak direncanakan dan juga cuaca yang tidak memungkinkan (example: rain).
Juga sebuah momen berharga untuk tenggelam di dalam kesibukan pribadi. Sepulang olahraga saya sudah mulai mengerjakan tugas-tugas yang seharusnya saya kerjakan siang nanti. Saya selalu memulai dari pekerjaan yang susah dan paling berat. Hal ini karena kesunyian pagi lebih memudahkan saya untuk berkonsentrasi. Atau biasanya saya sudah menyusun suatu planning tentang apa yang akan saya kerjakan keesokan harinya. Tidak perlu kerja di bawah tekanan, cukup kerja santai saja sambil mendengar musik. Ini memberikan boost pada produktivitas saya. Mengapa? Sebab pada pukul 07.00 ketika teman-teman saya baru mulai, saya sudah menyelesaikan 30% (bahkan kadang 50%) pekerjaan untuk hari itu. Saya lebih produktif bukan karena saya lebih cepat, tapi karena saya mulai lebih awal.

dawn breaks

Bangun pagi menghindarkan kita dari tekanan. Pernah anda membayangkan bangun tidur 10 menit sebelum kuliah dimulai? Tentu sangat menyebalkan. Dengan bangun awal saya bisa melewatkan pagi dengan santai. Bahkan kerapkali saya mandi beberapa saat sebelum matahari terbit. Sambil menikmati guyuran air hangat di udara subuh yang dingin saya senang mencari inspirasi, sesuatu yang nyaris mustahil dilakukan apabila anda mandi seperti dikejar setan. Setengah jam sebelum kuliah, saya biasa sarapan pagi, entah itu pecel, bubur ayam, atau roti (tanpa nasi). Sarapan pagi itu bagus. Jika anda tidak sempat sarapan pagi, anda lebih cepat lapar. Namun bagi saya sendiri sangat tidak membiasakan diri untuk sarapan pagi. Kebiasaan buruk yang membuat saya lebih sehat daripada saya harus sarapan pagi. 
Menjadi "early bird" juga berarti kesempatan membangun manfaat jangka panjang

0 komentar:

Poskan Komentar