Al-Chemist Ungu

because chemistry is true and this just for you

KKN-PPL UNY 2012 (SMA N 8 YOGYAKARTA)


Apa sih PPL? Bagi mahasiswa jurusan pendidikan tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah PPL. Ini adalah suatu program dari Universitas, untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa calon guru menjadi guru kurang lebih selama 1,5 bulan untuk mengajar di sekolah. Tentunya nggak cuma ngajar aja, termasuk prosesi Pra-ngajar sampe Pasca ngajar, meliputi membuat silabus, program semester,program tahunan, RPP, media pembelajaran, mengajar di kelas maupun di laboratorium, membuat kisi-kisi soal, membuat soal, mengevaluasi hasil ulangan, menganalisis hasil ulangan, menganalisis siswa yang lulus atau belum lulus, mana yang harus diberi remidial atau enrichment, pokoknya semua yang menyangkut tugas seorang guru, PPL adalah waktu yang tepat untuk mengexplore diri... Jadi semakin banyak tugas yang didapatkan, ucapkanlah alhamdulillaaahh, jangan cuman ngeluh aja, karena berarti kita diberi pengalaman yang lebih banyak.. Hehe.. Percayalah gak akan ada yang sia-sia...
Kalau mau download contoh-contoh file KKNPPL bisa download di bawah ini...
 LAPORAN PPL - BAB I - BAB II - BAB III - 
observasi kelas dan sekolah 
matriks kerja PPL -
 laporan mingguan -
laporan hasil kerja KKNPPL -
surat tanda terima produk -
Buku Agenda kegiatan PPL -
silabus kelas XI - XII       program tahunan kelas XI - XII -    program semester gasal kelas XI - XII -
perhitungan waktu efektif kelas XI - XII -   RPP kelas XI (mekanika kuantum)  -  
RPP kelas XII (sifat koligatif : Penurunan tekanan uap - Kenaikan Titik Didih
- Penurunan Titik Beku - Tekanan Osmosis - Elektrolit dan Nonelektrolit)
media pembelajaran XI (mekanika kuantum)  
analisis pemetaan SK dan KD 
kisi-kisi soal XI - XII
soal ulangan kelas XI (mekanika kuantum)  - XII (sifat koligatif)
analisis hasil ulangan kelas XI -XII
daftar nilai kelas XI - XII

Kalau ingat PPL sih, jadi ingat betapa senangnya kuliah ituu :D :D Alhamdulillah, saya ditempatkan di lokasi PPL tidak jauh dari kampus dan tidak jauh dari kos, yakni di SMA N 8 Yogyakarta, tahun ajaran 2012/2013. Dan alhamdulillahnya lagi, saya mendapatkan seorang guru pembimbing yang sangat menginspirasi. Alhamdulillahnya lagi, lagi dan lagi, saya dipercaya untuk mengajar 13 kelas yaitu 7 kelas XII dan 6 kelas XI, tentu bisa dibayangkan betapa full nya jadwal saya di sekolah ketika itu :D Sampai-sampai tak ada waktu saya untuk berkunjung ke basecamp. Terlepas dari semua itu, banyak sekali pengalaman yang saya dapatkan, termasuk di masing-masing kelas, yang tentunya punya kenangan tersendiri di  hati saya...cerita tentang PPL akan dilanjut lain kali :D :D 


2 komentar:

hemm, jadi gak sabar ngajar siswa,,
lanjutkan mbak!!

 

Senang rasanya bisa berkunjung ke website anda" mudah-mudahan
infonya bermanfaat Terimakasih sudah berbagi

 

Poskan Komentar