Al-Chemist Ungu

because chemistry is true and this just for you

Analisis Kation Timbal (Pb2+)

Kation timbal (Pb2+) dapat dianalisis dengan berbagai metode. Metode-metode yang dapat digunakan untuk menganalisis ion timbal adalah sebagai berikut.


1) Direaksikan dengan HCl encer
Bila kation timbal direaksikan dengan HCl encer akan terbentuk endpan putih yang berupa PbCl2. Reaksi tersebut dapat dituliskan sebagai berikut.
Pb2+ + 2 Cl- -->PbCl2

2) Direaksikan dengan hidrogen sulfida
Kation timbal jika direaksikan dengan hidrogen sulfida dengan suasana asam akan terbentuk endapan hitam PbS.
Pb2+ + S2- --> PbS + 2 H+

3) Direaksikan dengan amoniak.
Pb2+ dapat dianalisis dengan menggunakan amoniak yaitu dengan cara mereaksikan dengan amonium hidroksida (NH4OH). Hasil dari reaksi tersebut akan terbentuk endapan yang berwarna putih yang berupa Pb(OH)2. Persamaan reaksi dari penjelasan diatas dapat dituliskan sebagai berikut.
Pb2+ + 2 NH3 + 2 H2O --> Pb(OH)2 + 2 NH4+

4) Direaksikan dengan natrium hidroksida.
Pb2+ bila direaksikan dengan natrium hidroksida akan terbentuk endapan putih Pb(OH)2. Persamaan reaksi dapat dituliskan sebagai berikut.
Pb2+ + 2 OH- --> Pb(OH)2
Endapan yang telah terbentuk tersebut dapat larut kembali apabila ditambahkan natrium hidroksida secara berlebih, hal ini terjadi karena terbentuknya ion tetrahidroksiplumbat(II).
Pb(OH)2 + 2 OH- --> [Pb(OH)4]2-

5) Direaksikan dengan asam sulfat.
Kation timbal jika ditambahakan asam sullfat akan terjadi reaksi yang menyebabkan terjadinya endapan berwarna putih yang berupa PbSO4.
Pb2+ + SO42- --> PbSO4

6) Direaksikan dengan kalium kromat
Endapan kuning yang berupa timbal kromat akan diperoleh jika Pb2+ direaksikan dengan kalium kromat.
Pb2+ + CrO42- --> PbCrO4

7) Larutan kalium iodida
Kation timbal direaksikan dengan kalium iodida akan menghasilkan endapan timbal iodida yang berwarna kuning.
Pb2+ + 2 I- --> PbI2
Jika endapan tersebut ditambahkan kalium iodida secara berlebih, maka endapan tersebut akan larut kembali karena timbal iodida bereaksi kembali dan membentuk ion tetraiodoplumbat(II).
PbI2 + 2 I- --> [PbI4]2-
Karena reaksi diatas merupakan reaksi kesetimbangan, ion kompleks tersebut apabila ditambahkan air akan terbentuk endapan kembali karena reaksi akan bergeser ke arah kiri.

8) Direaksikan dengan natrium karbonat
Jika ion timbal direaksikan dengan natrium karbonat maka akan terbentuk endapan putih yaitu campuran antara timbal karbonat dan timbal hidroksida. Reaksinya adalah sebagai berikut.
Pb2+ + 2 CO32- + H2O --> Pb(OH)2 + Pb(CO3)2 + CO2

0 komentar:

Poskan Komentar