Al-Chemist Ungu

because chemistry is true and this just for you

BENTENG PENDEM | FORT WILLEM II

cerahnya mantap ya

Sejak pertama kali melewati jalan lingkar Ambarawa, saya sudah tertarik dengan sebuah bangunan tua yang ada di daerah Ambarawa ini. Tadinya saya berfikir ini merupakan bekas pabrik atau mungkin bekas rumah sakit. Setelah beberapa kali gagal menelusuri daerah Ambarawa untuk mengunjungi bangunan ini, akhirnya Januari lalu saya berhasil mengajak seseorang yang tahu jalan menuju kesana.


Ternyata sangat mudah untuk menuju ke sana, ikuti saja plang atau petunjuk arah menuju RSUD Ambarawa, nah di samping RSUD ini akan terdapat gapura masuk BETENG. Nah, masuk saja ke gapura dan ikuti jalan, maka akan sampai ke bangunan megah yang ternyata merupakan bekas Benteng peninggalan VOC pada saat jaman penjajahan dulu.

gapura masuk benteng (www.salatiga.nl)

Bangunan ini dinamakan Benteng Pendem oleh warga sekitar, dulunya bernama Fort Willem I. Konon berdasarkan studi literatur (blog-walking) benteng ini dulunya digunakan sebagai penjara untuk politikus Indonesia. Rencana kami ke sini adalah sekalian bisa bertanya-tanya tentang sejarah benteng ini, namun ternyata tidak sesuai dengan rencana, baru saja memulai jeprat jepret, kami diusir oleh seseorang yang sepertinya penghuni benteng tersebut. Bukan makhluk astral lho ya, mengingat sebagian benteng ini memang masih digunakan untuk tempat tinggal. Dan karena keterbatsan waktu, inilah hasil kunjungan sejarah kami di Ambarawa ......



bagian yang masih dihuni orang



Dian W. Sambhara, S. Kep., Ns. , NCWC


1 komentar:

This information is very helpful thank me :D :D

visit back my website ^_^
biro jasa sim
biro jasa bpkb
biro jasa perizinan
biro jasa stnk

 

Poskan Komentar