Al-Chemist Ungu

because chemistry is true and this just for you

SECRET MESSAGE a.k.a INVISIBLE INK

apersepsi: nonton video tentang invisible ink dulu yukk... (karena belum sempat merekam sendiri sehingga masih pakai video ini ~ by CHristopher Jones, Ph. D)

video

Ingin bermain agen rahasia? Butuh tinta rahasia yang tidak berwarna untuk menyampaikan pesan kepada team? Kita bisa menggunakan prinsip kimia ini. Yuk, main sambil belajar dengan menggunakan bahan kimia di laboratorium sekolahmu.
Invisible ink, tinta tak terlihat adalah zat-zat yang bisa digunakan untuk menulis pesan rahasia (hanya kamu dan tean kamu yang tau bagaimana cara agar pesan tersebut dapat dibaca). Kamu bisa menuliskan pesan rahasiamu menggunakan kuas, cotton bud, lidi, atau tusuk gigi untuk mengoleskan tinta ini. Kemudian biarkan sampai kertas kering.
Sebenarnya ada banyak bahan yang dapat digunakan sebagai invisible ink. Namun disini yang akan digunakan adalah menggunakan larutan basa dan larutan indikator phenolftalein (keduanya tidak berwarna).
Prinsip dari science project ini adalah menggunakan reaksi asam-basa terhadap indikator asam basa. Dimana indikator asam basa, adalah suatu zat yang akan menghasilkan warna yang berbeda ketika berada di larutan asam, dan basa. Indikator yang digunakan pada percobaan ini adalah PP (phenolphtalein), yang mempunyai trayek pH 8,3 – 10,0 (tidak berwarna – pink). Sehingga PP saat berada di larutan asam tidak berwarna sedangkan ddi larutan basa akan berwarna pink.
Ada beberapa bahan yang dibutuhkan untuk memainkan invisible ink, yaitu kertas putih, larutan PP, larutan basa (air sabun, ammonia  encer, pembersih kaca, atau NaOH encer), tusuk gigi atau cotton bud.
Sedangkan cara untuk memainkannya:
1.      Tuliskan pesan rahasiamu di kertas putih dengan menggunakan larutan indikator PP.
2.      Biarkan sampai sedikit kering.
3.      Semprotkan larutan basa ke kertas.
Perlu diperhatikan, bahwa larutan indikator PP adalah senyawa yang sangat mudah menguap, sehingga jangan mendiamkannya terlalu lama, karena bisa saja pesanmu nanti tidak terbaca. Terkait dengan bahan-bahan kimia yang digunakan di atas, berikut ini adalah informasi tentang bahan kimia tersebut (meliputi bahaya dan cara menanggulangan kalau sampai terkena).



Selain menggunakan indikator PP, kita bisa menggunakan bahan lainnya. 

0 komentar:

Poskan Komentar